Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki

Cara Menghilangkan Bau Kaki – Bau kaki bisa menimbulkan gangguan akibat bau yang tidak sedap, sekaligus dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Nah bagi anda yang mengalami masalah tersebut, penting sekali untuk mengetahui cara menghilangkan bau kaki. Cara menghilangkan bau kaki sebenarnya tidak begitu sulit, yang peting anda bisa menjaga kebersihan kaki dengan baik. Selain itu, yang lebih utama harus rutin menjaga kebersihan alas kaki yang digunakan.

Penyebab bau kaki bisa dipicu oleh kondisi kaki yang lembab dan keringat berlebihan. Pada dasarnya, kelenjar keringat adalah menjaga kelembaban kulit dan mengatur suhu tubuh ketika cuaca panas atau sedang berolahraga. Kelenjar keringat di kaki lebih banyak jika dibandingan dengan tubuh yang lain. Keringat di kaki akan semakin banyak jika sedang mengalami stress, hiperhidrosis ( keringat berlebihan ), atau memakai sepatu yang terlalu lama.

Penyebab lain yang menimbulkan masalah bau kaki, diakibatkan :

  • Kurang menjaga kebersihan pada kaki.
  • Akibat keringat kaki yang menempel di sepatu, dan kaki akan semakin bau jika menggunakan sepatu yang sama setiap hari.
  • Akibat perubahan hormon, seperti yang terjadi pada remaja atau ibu hamil.
  • Infeksi jamur yang mengakibatkan kaki menjadi bau busuk.

Masalah bau kaki seringkali tidak dihiraukan bahkan tidak disadari bahwa banyak hal yang dapat menyebabkan bau pada kaki. Hal-hal tersebut bisa dihindari demi mendapatkan kaki bebas bau.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

  1. Silahkan cuci kaki setiap hari dan keringkan hingga ke sela-sela jari.
  2. Rendam kaki ke dalam air garam atau air campuran cuka lalu diamkan selama 10 hingga 20 menit.
  3. Jaga kebersihan kuku kaki dengan memotongnya secara rutin.
  4. Gunakan sepatu dari bahan kanvas atau kulit daripada menggunakan sepatu berbahan plastik. Jika cuaca sedang panas, alangkah baiknya menggunakan alas kaki terbuka seperti sepatu sandal.
  5. Jangan menggunakan sepatu berturut-turut selama beberapa hari. Selalu cuci sepatu secara rutin agar tidak menimbulkan bau pada kaki.
  6. Simpan sepatu di tempat yang kering dan terang agar tidak tumbuh bakteri.
  7. Bungkus soda kue menggunakan kain kasa atau filter kopi dan masukkan kedalam sepatu. Lakukan setiap habis menggunakan sepatu selama seharian.
  8. Gunakan kaus kaki yang bersih setiap akan menggunakan sepatu. Jika cuaca panas atau sedang berolahraga, disarankan untuk sering mengganti kaus kaki.
  9. Gunakan kaus kaki dari bahan katun atau wol, lebih baik lagi jika menggunakan jenis kaus kaki dengan lubang-lubang kecil yang bisa membantu menjaga kaki agar tetap kering.
  10. Gunakan deodoran untuk kaki, atau bisa menggunakan deodoran bentuk spray khusus ketiak yang bisa di semprotkan ke kaki.
  11. Pakailah sepatu dengan sol yang dibuat khusus untuk menghilangkan bau kaki.

Jika cara menghilangkan bau kaki diatas belum juga berhasil, sebaiknya anda konsultasikan ke dokter. Masalah keringat berlebihan pada kaki, dokter bisa meresepkan antiperspiran yang kuat atau merekomendasikan terapi iontophoresis dengan menggunakan listrik. Terima kasih anda sudah menyimak artikel ini, semoga bermanfaat.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki | andri | 4.5